BERITA TERBARU :
Home » » BEM UNRI PERERAT SILATURAHMI DENGAN LAM RIAU

BEM UNRI PERERAT SILATURAHMI DENGAN LAM RIAU

Written By Unknown on Sabtu, 12 Oktober 2013 | 00.58




BEM UR melakukan kunjungan ke Balai Adat Lembaga Adat Melayu Riau, Rabu (20/3). Kegiatan ini merupakan salah satu dari program kerja kementerian Luar Universitas BEM Unri. Tujuan dari kunjungan ini yaitu mempererat hubungan silaturahmi dengam LAM Riau, menjalin hubungan kerjasama yang diharapkan bisa berkesinambungan, mengenal struktural dan kondisi LAM Riau lebih dalam. Selain itu BEM Unri secara khusus mengajukan permohonan pemateri dari LAM Riau untuk kegiatan yang akan dilaksanakan selanjutnya. Kunjungan ini disambut langsung oleh Ketua LAM Riau, Datuk Al-Azhar beserta jajaran pengurus Balai Adat Melayu Riau. 
Datuk Al-Azhar memaparkan struktural LAM Riau terdiri dari Majelis Kelembagaan Adat dan Dewan Pengurus Harian. Sebagai sebuah lembaga LAM Riau menjunjung simbol adat melayu berupa Logika, Etika dan Estetika. Lembaga ini memandang definisi Melayu dari segi budaya jadi masyarakat yang lahir dan  dibesarkan di daerah melayu seperti Pekanbaru merupakan masyarakat melayu walaupun beliau memiliki marga baik dari Sumatera Utara maupun daerah lainnya.
“Kini ada sebuah permasalahan yang cukup kompleks dimana budaya melayu mulai terkikis dengan modernisasi budaya. Masyarakat mulai enggan menggunakan bahasa melayu dan menjaga kebudayaan melayu seperti rumah adat dan pakaian melayu. Oleh sebab itu, LAM Riau memiliki target dalam program kerjanya yaitu pertama, penguatan ciri khas melayu berupa bahasa melayu dan pakaian melayu. Kedua, menyebarluaskan kearifan lokal. Dan terakhir berupa penegasan hak-hak ulayat atas tanah adat,” ucap Datuk Al-Azhar
Datuk Al-Azhar menambahkan sudah menyusun berbagai kegiatan untuk menyokong target yang akan dicapai . “Untuk target tersebut maka LAM Riau telah melakukan beberapa kegiatan seperti penyuluhan dan pemberian materi budaya melayu ke sekolah-sekolah yang ada di Pekanbaru. Dalam waktu dekat juga akan dibuat kuliah singkat berkaitan dengan budaya melayu dimana materi kuliah singkat sedang dalam tahap penyusunan. Kuliah singkat ini ditujukan kepada seluruh mahasiswa di Pekanbaru untuk mengenal lebih dalam mengenal budaya melayu. Bagi peserta kuliah singkat nantinya akan diberikan sertifikat dan untuk pendaftaran langsung ke Balai Adat LAM Riau yang akan diinformasikan selanjutnya,” tuturnya.
Salah satu peserta kunjungan, Muhammad Aditya menuturkan kunjungan ini bagus sekali, selain silaturahmi kita juga mendapat informasi akan adanya kuliah singkat terkait budaya melayu. Adit secara khusus memberikan apresiasi atas sambutan yang dilakukan oleh LAM Riau dillihat kunjungan ini disambut langsung oleh Ketua LAM Riau beserta jajaran pengurus inti bahkan ada salah seorang pengurus inti yang meninggalkan rapatnya sewaktu mengetahui kedatangan mahasiswa.
“Semoga hubungan kerjasama seperti ini bisa berkelanjutan dan berkesinambungan. Mudah-mudahan bisa ikut serta juga dalam kuliah singkat yang akan dilaksanakan agar semakin mengenal budaya melayu walaupun secara pribadi bukanlah asli orang melayu karena lahir dan dibesarkan di Medan, Sumatera Utara,” ujar Adit  (ma)
Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. KLIKSM.COM - All Rights Reserved