BERITA TERBARU :
Home » » REO to SEO

REO to SEO

Written By Unknown on Senin, 19 Agustus 2013 | 03.14

“ENGLISH INSPIRES US” adalah tema yang di usung program studi pendidikan bahasa Inggris untuk olimpiade tahun ini. Seperti biasa, program-program studi di FKIP mengadakan agenda tahunan berupa perlombaan-perlombaan yang berhubungan dengan pendidikan dalam rangka memberikan sumbangsih pemikiran dan ide-ide terbaru kepada masyarakat pelajar dan mahasiswa Indonesia, khususnya Riau.
REO (Riau English Olympics) kali ini terdiri dari 12 macam perlombaan mulai dari tingkat TK dan SD se Pekanbaru, serta pelajar dan mahasiswa se Riau. Untuk tingkat TK, perlombaannya yaitu singing contest dan picture guessing. Sedangkan tingkat SD berupa spelling bee dan scramble words. Tingkat pelajar akan mengikuti 2 jenis lomba yaitu speech dan quiz, serta untuk tingkat SMA yang dahulunya hanya 4 jenis, sekarang menjadi 5 diantaranya TOEFL, debate, wall magazine, story telling dan cupid. Dan yang paling istimewa tingkat mahasiswa yakninya debate dan acoustic.
Peserta yang berjumlah lebih dari 800 pada tahun lalu menambah semangat mahasiswa bahasa Inggris ini dalam mengadakan perhelatan serupa pada tahun ini. “insyaAllah kita akan mengadakannya (olimpiade) tanggal 2 sampai 9 maret mendatang dan target kita 1.000 peserta,” kata Muryanti, sang ketua pelaksana. Muryanti, yang akrab disapa Mumur atau Imur ini sudah sering mengikuti perlombaan debate diberbagai kota di Sumatra dan Jawa yang tak jarang  sebagai pemenang. Beberapa minggu yang lalu Muryanti beserta timnya berangkat ke Medan ntuk mengikuti Sumatra English Contest (SEC) setelah sebelumnya berhasil menyabet juara pertama pada ajang debate yang diadakan kampus UNAND, Padang, Januari lalu.
Setiap tahun jumlah peserta selalu bertambah. Seiring berkembangnya teknologi sehingga undangan tidak hanya disebar melalui pengiriman langsung. Namun juga di-upload melalui email, blog dan facebook. Sehingga memudahkan para guru dan peserta untuk mengetahui infonya lebih cepat. Pendaftaran sudah mulai dibuka semenjak tanggal 28 Januari hingga 28 Februari mendatang. Hal itu bisa dilakukan dengan mendaftar langsung di stan pendaftaran yang bertempat di kampus pendidikan bahasa Inggris, juga bisa melalui layanan telepon dan sms serta transfer untuk menghemat biaya dan waktu bagi yang berada jauh dari kota Pekanbaru.
Tahun ini khususnya tingkat mahasiswa juga akan dihadiri oleh mahasiswa provinsi tetangga, seperti Sumatra Barat, Sumatra Utara,  dan Kepulauan Riau. Sebenarnya mahasiswa dari Sumbar khususnya mahasiswa IKIP  Padang juga mengikuti even ini tahun lalu, dan tahun ini akan bertambah dengan datangnya mahasiswa dari UNAND (Universitas Andalas). Begitu pula dengan mahasiswa UNIBA (Universitas Batam), UNIMED (Universitas Negeri Medan) serta beberapa kampus lainnya. Hal ini tidak terlepas dari keaktifan mahasiswa bahasa Inggris UR yang mengikuti even-even serupa di kampus mereka dan kepandaiannya mengajak mereka untuk bertamu ke kampus  UR. “Hal ini akan menjadi cikal bakal untuk mengadakan SEO (Sumatra English Olympics) tahun depan,” ucap Muhammad Marjan, mahasiswa bahasa Inggris semester 8 yang juga menjabat vice president of UR-Debaters.
Semoga saja cita-cita besar ini bisa diwujudkan di kepemimpinan tahun mendatang. Karena mengingat bahasa Inggris tidak hanya sebagai bahasa universal namun juga dijadikan sebagai salah satu syarat melamar pekerjaan dalam negeri, Indonesia. Sehingga diharapkan dengan adanya perlombaan ini mahasiswa-mahasiswa dan pelajar-pelajar Indonesia khususnya Riau dapat terus mengembangkan kemampuan bahasa Inggrisnya. Salah satu cara untuk membuatnya lebih terasa akan suasana “Inggrisnya” para panitia diwajibkan selalu menggunakan bahasa Inggris dalam melayani peserta nantinya. Dengan “pemaksaan” diharapkan akan terjadi “kebiasaan yang baik”.
Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. KLIKSM.COM - All Rights Reserved